Membuat Simulasi Jaringan Dengan Packet Tracer

Unknown


       Packet Tracer adalah sebuah software simulator jaringan yang dikembangkan oleh Cisco. Dimana software tersebut berfungsi untuk membuat suatu jaringan komputer atau sering disebut dengan computer network. Dalam program ini telah tersedia beberapa komponen–kompenen atau alat–alat yang sering dipakai atau digunakan dalam system network tersebut, Misalkan contoh seperti kabel Lan ( cross over, console, dll ) , HUB, SWITCHES, ROUTER dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat dengan mudah membuat sebuah simulasi jaringan computer di dalam PC Anda, simulasi ini berfungsi untuk mengetahui cara kerja pada tiap–tiap alat tersebut dan cara pengiriman sebuah pesan dari komputer 1 ke computer lain dapat di simulasikan juga disini.
Packet Tracer dapat mensimulasikan berbagai macam protokol yang digunakan pada jaringan baik secara realtime maupun dengan mode simulasi.

Dan langsunga aja kita ke percobaan pertama yaitu membuat koneksi antar 2 client pc

Pertama dengan membuat 2 komputer dengan menggunakan tool bar yang ada tampak ganbar seperti tanda panah di atas setelah membuat 2 buah computer lalu kita akan membuat media untuk mengkoneksikan computer tersebut pada hal ini saya memakai kabel cross over tampak seperti gambar dibawah

Anda bisa dapat memilih tipe koneksi  yang anda inginkan di situ terdapat berbagai macam koneksi yang anda inginkan seperti kabel  copper straight, cross over, fiber, coaxcial,dll.
Di sini saya menggunakan kabel tipe Cross Over karena saya hanya menggunakan 2 buah computer
Stelah udah tersambung sekatang kita akan mengisi ip configuration untuk tiap pc nya
Pertama double click pc yang akan kita ubah maka akan tampil tampilan seperti berikut
Setelah itu kita pilih ke tab desktop tampak maka akan munccul seperti ini
Setelah itu pilih ip configuration untuk menyeting ip dan lakukan lah pada setiap pc anda
Gambar settingan ip nya seperti berikut
Pada percobaan pertama ini saya menggunakan ip configuration sebagai berikut
Setelah sudah melakukan setting pada semua computer sekarang coba lah koneksi anda dengan cara ping computer pada simulasi yang kita buat pada jendela desktop terdapat pilihan command prompt untuk dapat ngping sebagai contoh sebagai berikut:
Jika pada tampilan command Prompt bisa terdapat relpy dari ip addres yang kita tuju maka anda berhasil melakukan simulasi yang pertama.
 
 
Sekarang kita lanjutkan Pada simulasi yang kedua
Yaitu membuat simulasi beberapa computer dengan menggunakan Hub sebagai media penghubungnya
Pertama Buat lah beberapa pc disini saya menggunakan 3 pc dan 1 hub dan jika sudah terbentuk maka akan seperti ini :
Cara mencari hub ada terdapat di bagian device seperti yang ditunjuk anak panah gambar diatas setelah sudah membuat skema sekarang setting lah “ip” tiap komputernya jika sudah kita akan mencoba mensimulasikan pengiriman data pada jaringan yang kita buat dengan mengganti pada simulasi mode cara nya seperti gambar dibawah ini :
Klik bagian belakang realtime untuk ke smulasi mode
Lalu klik add simple pdu (gambar surat) lalu arah kan dari kompter dan tujuan yang akan dikirim data , seperti gambar dibawah ini :
Disini saya mencoba mensimulasikan pengiriman data dari pc3 ke pc0 setelah itu selasai sekarang edit filter agar memudahkan anda dalam menganalisa simulasi ini aktifkan saja yang filter ICMP nya.
Setelah sudah maka coba lah untuk play simulasi tersebut dan amati animasi pada skema anda di situ akan data dirim kan melalui pc3 lalu menuju Hub dari hub data akan dikirim kesemua klien tetapi data hanya akan diterima ke tujuan sedangkan yang bukan tidak akan diterima karena itu memang bukan untuk nya.
Jika sudah selesai Kita akan ke ...

Percobaan yang ketiga yaitu membuat jaringan dengan menggunakan switch
Buat lah jaringan kira kira seperti ini:
Jika sudah membuat skema nya setting lah Ip Adress tiap pc nya jika sudah buat lah simulasi pengiriman data di simulation mode seperti tadi kita buat di percobaan 2 tadi dan setting juga filternya lalu play simulasi tersebut dan perhatikan apa yang terjadi
Pada saat mengunakan switch sebagai media penghubungnya kita akan melihat data paket tidak terkirim kesemua pc seperti yang terjadi pada saat kita menggunakan hub, pada switch data paket langsung terkirim ke tujuan data transfer yaitu pada hal ini adalah pc0.
Sekarang kita akan mebuat jaringan skema ke 4 yaitu menggunakan hub dan switch sebagai penghubungnya dan kita akan melihat perbedaann yang terjadi pada kedua penguhubung ini.
Kira kira akan seperti ini lah skema yang akan kita buat.
Jangan lupa untuk menyeting ip configuration nya agar semua pc dapat terhubung.
Dan setelah membuat skema diatas sekarang kita akan membuat skema ke 5 yaitu menggunakan beberapa switch
Dengan cara yang sama dengan skema yang lainnya.
Dan akan jadi skema seperti dibawah ini
Dan selanjutnya kita akan membuat skema yang ke 6 yaitu membuat skema yang hampir sama dengan skema 5 tetapi berbeda di pengaturan ip configurasi nya
Diskema ynag ke 6 ini kita kan menyeting ip configurationnya sebagai berikut :
Pc 1 : 10.0.1.1  /24
Pc 2 : 10.0.2.1  /24
Pc 3 : 10.0.3.1  /24
Pc 4 : 10.0.1.2  /24
Pc 5 : 10.0.2.2  /24
Pc 6 : 10.0.3.2  /24
Pc 7 : 10.0.1.3  /24
Pc 8 : 10.0.2.3  /24
Pc 9 : 10.0.3.3  /24
Pc 10 : 10.0.1.4  /24
Pc 11 : 10.0.2.4  /24
Pc 12 : 10.0.3.4  /24
Dan coba lah anda ping computer compter tersebut dan perhatikan apa yang terjadi apa kah bisa setiap computer bisa memberikan rply pada setiap computer yang kita coba ping.
Tentu saja tidak karena pengaturan ip nya memiliki digit yang berbeda setiap kompuer hanya bisa mengeping ke computer yang ip configurationnya sejenis seperti pc 1 dengan pc 4,pc 7 dan pc 10, dan juga pc 2 ke pc 5 dan pc 8 dan pc 11
Dan yang terakhir kita akan melihat collution yang terjadi di hub apabila kita mengirim data pada saat yang bersamaan.
Dan ini contoh yang yang terjadinya
Disini saya mencoba mengirim data dari pc 0 ke pc 3, pc1 ke pc 4 dan pc 3 ke pc 5
Pada saat kita mengirimkan data dari pc 0, dan pc 1 maka yang terjadi adalah collution dan membuat data yang terkirim menjadi tidak terkirim karena tabrakan hal ini disebabkan teknologi hub, belum bisa mengalirkan data secara bersamaan tetapi pada teknologi switch hal ini bisa dilakukan dan itulah yang menjelaskan kenapa pc 3 dapat mengirimkan data ke pc 5.

0 komentar